Jumat, 20 Februari 2009

Sejarah Singkat SMK Negeri 2 Cilegon


KRONOLOGI ( SEJARAH SINGKAT)
BERDIRINYA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) NEGERI 2 CILEGON


Kota Cilegon yang dahulunya merupakan bagian dari Kabupaten Serang berdiri secara resmi menjadi Kota Cilegon pada Tanggal 27 April 1999, yang sejajar dengan Kabupaten atau Kota di Provinsi banten, , Kota Cilegon merupakan Sentra Industri yang mempunyai ratusan perusahan, baik yang bergerak dalam Heavy Industry ( Industri Alat – Alat Berat ), Industri Kimia ( Chermistry Industri ) dan lain –lain, selalu berupaya untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang siap pakai, khususnya untuk memenuhi peluang kerja lokal, dengan berbagai cara.
Sebagai salah satu upaya untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai skills khusus di Bidang Kimia, maka Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan Kota Cilegon, menginstruksikan untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) yang khusus membidangi masalah kimia.
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cilegon yang terletak di Jl. Ir. Sutami KM. 03 Lebak Denok Citangkil Kota Cilegon, didirikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten pada Tahun 2000, kemudian pada Bulan Juli 2003 berdasarkan instruksi Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, pada saat itu Drs. H. Engkos Kosasih kepada Kepala SMK Negeri 1 Cilegon yang pada saat itu Drs. Ayat Sudrajat untuk membuka Penerimaan Siswa Baru (PSB) di SMK Negeri 2 Cilegon dengan membuka Bidang Keahlian Kimia, Program Keahlian Kimia Industri.
Untuk melaksanakan instruksi itu, Drs. Ayat Sudrajat menindaklanjuti dengan membentuk Team Penerima Siswa Baru, yang diambil dari Guru di SMK Negeri 1 Cilegon, antara lain :
1. Ismatullah, S.Pd.
2. Udin Tusminurdin, S.Pd.
3. Asep Budi Santosa, S.Pd.
dan dibantu oleh satu orang personel Dinas Pendidikan Kota Cilegon, yaitu : Drs. Tb. Ali Ghozali, untuk melaksanakan proses penerimaan siswa baru untuk Tahun ajaran 2003 – 2004.
Dari hasil proses penerimaan siswa baru yang dilaksanakan di Gedung Kantor Dinas Pendidikan Kota Cilegon saat itu, berhasil menerima siswa sebanyak 71 orang.
Seiring dengan perjalanan pergantian Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon dari Drs. H. Engkos Kosasih kepada Drs. H. Solihin AS, pada Bulan September 2003, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Drs. H. Solihin AS, mengeluarkan SK pengangkatan sebagai Pejabat Sementara Kepala SMKN 2 Cilegon kepada Drs. Ayat Sudrajat. Dengan SK tersebut maka Pejabat Kepala SMKN 2 Cilegon melaksanakan proses KBM untuk Tahun Ajaran 2003 - 2004 dengan memperbantukan 6 orang Guru dari SMK Negeri 1 Cilegon dan merekrut guru honorer sebanyak 8 orang, dengan pelaksana inti 2 orang wakasek, yaitu : Wakasek Kurikulum dan Kesiswaan: Asep Budi Santosa, S.Pd., Wakasek Humas dan Sarpras : Ismatullah, S.Pd., dan bendahara : Udin Tusminurdin, S.Pd.
Sarana yang terdapat pada saat ini adalah 6 ruang kelas teori, dan 1 (satu) lokal bangunan kantor tata usaha dan ruang guru, dan belum mempunyai laboratorium khusus.
Pada Tanggal 1 September 2003 SMK Negeri 2 Cilegon untuk pertama kalinya mendapatkan Guru yang berstatus PNS, yaitu : Drs. Suher S. Sainan sebagai hasil mutasi dari SMA Negeri 1 Cilegon. kemudian Tanggal 10 Desember 2003, SMK Negeri 2 Cilegon mendapatkan 1 (satu) orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) hasil mutasi dari Dinas Pendidikan Kecamatan Ciwandan, yaitu : Drs. Akhmad Najid sebagai Kepala Tata Usaha di SMK Negeri 2 Cilegon. Pada bulan Februari 2004 Bantuan Guru Bantu Sekolah (GBS) dari Dinas Pendidikan Kota Cilegon ditempatkanlah GBS (Guru Bantu Sekolah) sebanyak 10 orang, dan pada Bulan Januari 2004 SMK Negeri 2 Cilegon mendapatkan bantuan guru yang berstatus PNS, sebanya 8 orang.
Pada Tanggal : 27 April 2004 secara simbolik, Wali Kota Cilegon H. Tb. Aat Syafa’at, S.Sos,M.Si. mencanangkan Prasasti Peresmian Penggunaan Gedung SMK Negeri 2 Cilegon.
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada Tahun pertama ini berjalan dengan baik, dan sejalan dengan itu pada bulan Mei 2004 datanglah bantuan peralatan Laboratorium dari dinas pendidikan provinsi banten, senilai 1 milliar rupiah.
Menjelang Tahun Ajaran Baru 2004 – 2005, pada Bulan Juni 2004 Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan Kota Cilegon memberikan bantuan 2 ruangan laboratorium untuk kegiatan praktek siswa.
Kepemimpinan Drs, Ayat Sudrajat sebagai Pejabat Sementara Kepala SMK Negeri 2 Cilegon dinyatakan selesai, setelah dilantiknya Kepala SMK Negeri 2 Cilegon secara Definitif, yaitu : Drs. Suher S. Sainan, sebagai kepala SMK Negeri 2 Cilegon pada Tanggal : 30 September 2004. dan ditindaklanjuti dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Pejabar Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Cilegon ( Drs. Ayat Sudrajat ), kepada Kepala Sekolah Definitif SMK Negeri 2 Cilegon ( Drs. Suher S. Sainan ) pada tanggal 9 Desember 2004. Dan sekaligus dalam prosesi tersebut ” Lonching ” Penggunaan Logo SMK Ngeri 2 Cilegon, yang dihadiri oleh Para Pejabat Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Tokoh Masyarakat Citangkil, dan Tokoh Masyarakat Lebakdenok., serta undangan.
Sejak saat itulah SMK Negeri 2 Cilegon mempunyai Kepala Sekolah yang Definitif, dan memiliki struktur kependidikan yang sesuia dengan tuntutan kurikulum.



1 komentar: